Bab 1
Bahasan Kasus Masalah
Strategi Diferensiasi
Untuk menghindari jebakan komuditas, pemasar
harus mulai dengan keyakinan bahwa anda dapat mendiferensiasikan segala
sesuatu. Keunggulan kompetitif adalah kemapuan perusahaan untuk bekerja dalam
satu atau lebih cara yang tidak dapat atau tidak disamai oleh pesaing. Michel
porter mendorong perusahaan untuk membangun keunggulan kompetitif yang tahan
lama. Secara umum, perusahaan yang berharap untuk bertahan harus terus berada
dalam bisnis yang terus menciptakan keunggulan baru.
Sarana Diferensiasi
Sarana diferensiasi yang jelas dan sering
merupakan faktor pendorong bagi konsumen adalah yang berhubungan dengan aspek
dan jasa. Dimensi – dimensi lain yang dapat digunakan perusahaan untuk
mendiferensiasi tawar pasarnya antara lain adalah:
1. Diferensiasi
Personil
Perusahaan dapat memperoleh keunggulan
bersaing yang kuat dengan mempekerjakan dan melatih orang-orang lebih baik.
Personalia yang terlatih menunjukkan enam karakteristik, kemampuan : memiliki
keahlian dan pengetahuan yang diperlukan. Kesopanan , ramah, menghormati dan penuh
perhatian. Kreadibilitas, dapat dipercaya. Dapat diandalkan, memberikan
pelayanan serta konsisten dan akurat. Cepat tanggap, cepat menanggapi
permintaan dan permasalahan konsumen. Komunikasi, berusaha memahami pelanggan
dan berkomunikasi dengan jelas.
2. Diferensiasi
Saluran
Perusahan –perusahaan dapat mencapai
keunggulan bersaing melalui cara mereka merancang saluran distribusi, terutama
yang menyangkut jangkauan, keahlian, dan kinerja saluran saluran tersebut.
3. Diferensiasi
Citra
Para pembeli memiliki tanggapan berbeda
terhadap citra perusahaan atau merek. Identitas dan citra perlu dibedakan.
Identitas terdiri dari berbagai cara yang dimaksudkan oleh perusahaan untuk
mengidentifikasi atau memposisikan diri atau produknya. Citra adalah cara
masyarakat mempersepsi (memikirkan) perusahaan atau produknya.
4. Diferensiasi
Pelayanan
Pembeda pelayanan yang utama kemudahan pemesana,
pengiriman, pemasangan, pemeliharaan dan perbaikan
Emotional branding
Banyak pakar pemasaran percaya merek
positioning harus memiliki komponen baik rasional dan emosional. Dengan kata
lain, posisi yang baik harus mengandung titik perbedaan dan titik paritas yang
menarik.
Merek consultand Marc Gobe percaya merek
emosionaL terbagi tiga spesifik ,yaitu:
1.
Kuat budaya perusahaan
2.
Gaya komunikasi yang khas
3.
melakukan cara yang menarik
Merek
dan cinta mark, menurut Roberts, memerintahkan keduanya menghormati,
untuk mencapai sebagai berikut:
1.
misteri menarik bersama cerita, metafora, mimpi dan simbol. misteri menambah
kompleksitas hubungan dan pengalaman karena orang secara alami tertarik pada
apa yang mereka tidak tahu
2.
sensualitas terus panca indera penglihatan, pendengaran, penciuman, sentuhan
dan teste waspada konstan untuk tekstur baru, aroma menarik dan selera, musik
yang indah dan rangsangan sensorik lainnya
3.
keintiman berarti empati, komitmen, dan possion. hubungan dekat yang memenangkan
loyalitas intens
Pada umumnya perusahaan harus memantau tiga
variabel ketika menganalisis potensi ancaman yang ditimbulkan oleh pesaing
1. Pangsa pasar = pangsa pesaing dari target
pasar
2.
Berbagi pikiran = persentase pelanggan yang terdaftar sebagai peserta dalam
menanggapi pernyataan "nama perusahaan pertama yang datang ke pikiran
dalam industri ini"
3.
Bagian dari hati = persentase pelanggan yang terdaftar sebagai peserta dalam
menanggapi pernyataan "nama perusahaan dari mana Anda akan lebih memilih
untuk membeli produk”
Narasi merek dan penceritaan
Narasi
merek dan penceritaan menguraikan atribut atau manfaat tertentu, beberapa ahli
pemasaran menggambarkan posisi merek. Randall dering dan Michael Thibodeau
melihat merek narasi karena berdasarkan metafora mendalam yang terhubung ke
orang , asosiasi dan cerita. Mereka mengidentifikasi lima elemen branding
naratif :
1. Cerita merek dalam hal kata-kata
dan metafora
2. Perjalanan konsumen dalam hal
bagaimana konsumen terlibat dengan merek dari waktu ke waktu
3. Bahasa visual atau ekspresi untuk
merek
4. Cara di mana narasi dinyatakan
berdasarkan pengalaman dalam hal bagaimana merek melibatkan konsumen
5. Peran atau hubungan merek bermain
di kehidupan konsumen
Berdasarkan
sastra konvensi dan merek pengalaman mereka juga menawarkan kerangka kerja
berikut untuk cerita merek :
a. Pengaturan. Waktu, tempat dan
konteks.
b. Melemparkan. Merek sebagai
karakter, termasuk perannya dalam kehidupan penonton, hubungan dan tanggung
jawab dan sejarah.
c. Busur narasi. Cara logis narasi
terbentang dari waktu ke waktu, inclunding tindakan, pengalaman yang
diinginkan, mendefinisikan peristiwa dan saat pencerahan.
d. Bahasa. Suara otentikasi, metafora,
simbol, tema, dan leitmotifs.
Merek jurnalisme
Merek
jurnalistik adalah sebuah sejarah dari hal-hal yang bervariasi yang terjadi di
dunia merek kami, sepanjang hari atau sepanjang tahun. merek kami berarti hal
yang berbeda untuk orang yang berbeda. tidak memiliki satu posisi merek.
diposisikan berbeda dalam benak anak-anak, remaja, dewasa muda, orang tua dan
senior. diposisikan berbeda saat sarapan, makan siang, makan malam, snack, hari
kerja, akhir pekan, dengan anak-anak atau perjalanan bisnis. merek jurnalisme
memungkinkan kita untuk menjadi saksi aspek multi-faceted dari cerita merek.Setiap
komunikasi memberikan wawasan yang berbeda ke dalam merek kami, contohnya
McDonald.
Posisi
dan merek usaha kecil
Pada umumnya , dengan sumber daya yang
terbatas di belakang merek , baik fokus dan konsistensi dalam program pemasaran
adalah sangat penting . kreativitas juga penting - menemukan cara baru untuk
memasarkan ide-ide baru tentang produk kepada konsumen . beberapa pedoman merek
khusus untuk usaha kecil adalah sebagai berikut :
1.
Kreatif melakukan penelitian marketing . Ada berbagai metode riset pemasaran
berbiaya rendah yang membantu usaha kecil terhubung dengan pelanggan dan
pesaing .salah satu cara adalah untuk mengatur proyek-proyek kursus di kolase
lokal dan universitas untuk mengakses keahlian dari kedua mahasiswa dan
profesor .
2.
Fokus pada pembangunan satu atau dua merek yang kuat didasarkan pada satu atau
dua asosiasi utama . Usaha kecil sering harus bergantung hanya pada satu atau
dua merek dan kunci asosiasi sebagai titik perbedaan untuk merek-merek tersebut
. asosiasi ini harus konsisten diperkuat seluruh program pemasaran dan dari
waktu ke waktu.
3.
Mempekerjakan satu set yang terintegrasi dengan baik elemen merek . Taktis ,
penting untuk usaha kecil untuk memaksimalkan kontribusi dari tiga set utama
driver ekuitas merek. Pertama, mereka harus mengembangkan khas , set yang
terintegrasi dari elemen merek yang meningkatkan baik merek kesadaran dan citra
merek . Elemen merek harus mudah diingat dan bermakna , dengan potensi kreatif
sebanyak mungkin.
4.
Membuat gebrakan dan komunitas yang merek setia. Karena usaha kecil sering
harus bergantung pada dari mulut ke mulut untuk menetapkan posisi mereka,
hubungan masyarakat, jaringan sosial dan promosi murah dan sponsor yang dapat
jadi alternatif murah.
5.
Memanfaatkan sebanyak mungkin hubungan sekunder setiap orang, tempat, atau
hal-hal yang berpotensi relevan asosiasi-sering biaya-efektif, jalan pintas
artinya untuk membangun ekuitas merek, terutama yang membantu untuk kualitas
atau kepercayaan.
BAB 2
Analisa Masalah
Mendiferensiasikan Strategi
diferensiasi
Pelanggan harus melihat semua keunggulan
kompetitif. Misalnya jika perusahaan mengirimkan lebih cepat dibandingkan
pesaingnya, kecepatan itu tidak akan menjadi keunggulan pelanggan jika
pelanggan tidak menghargai kecepatan itu. Perusahaan juga harus fokus pada
pembangunan keunggulan pelanggan. Lalu
mereka akan menghantarkan nilai kepuasan pelanggan yang tinggi, yang menghasilkan
pembelian berulang yang tinggi dan pada akhirnya profitabilita perusahan yang
tinggi.Pemasar dapat mendiferensiasikan merek berdasarkan banyak variabel. Contoh
khasus adalah :
Southwest Airlines
Angkutan yang berpusat di Dallas, Southwest
Airlines dalam penerbangan jarak pendek dengan harga murah, layanan handal, dan
rasa humor yang sehat. Southwest mempertahankan harga murah dengan menawarkan
layanan layan terbang yang pokok saja (tidak ada makanan, tidak ada film) dan
tingkat perputaran yang cepat di pintu gerbang agar pesawat tetap mengudara.
Tetapi Southwest tahu bahwa mereka tidak dapat mendeferensiasikan harga saja,
karena pesaing mugkin berusaha mempengaruhi pasar dengan tarif murah mereka sendiri.
Jadi southwest juga harus membedakan dirinya sebagai maskapai penerbangan yang menyenangkan ditandai dengan
komentar dalam penerbangan yang humoris dari pilot dan anggota kru kabin.fitur
populer lain dari penerbangan Southwest adalah tempat duduk terbuka yang
menerapkan sistem pertama datang pertama dilayani. Penumpang diberi kartu
bernomor berdasarkan waktu mereka tiba dipintu gebang. Kini Southwest menjadi
satu satunya maskapai penerbangan tarif murah yang mencapai keberhasilan
keuangan jangka panjang.
Pengaruh merek terhadap lingkungan (
Budaya)
Oxford
University Douglas Holt percaya bagi perusahaan untuk membangun merek
kepemimpinan ikonik mereka harus merakit pengetahuan budaya , strategi sesuai
dengan prinsip-prinsip merek budaya dan mempekerjakan dan melatih ahli budaya .
bahkan Procter dan berjudi , sebuah perusahaan yang telah lama mengatur
bagaimana pembeli melihat produk-produknya telah dimulai pada apa yang kepala
eksekutif , A.G. Lafley , menyebut " perjalanan belajar " dengan
konsumen " konsumen mulai dalam arti yang sangat nyata untuk memiliki
merek.
Universitas
Wisconsin’s Craig Thompson melihat merek sebagai template sosial budaya
, mengutip penelitian yang menyelidiki merek sebagai sumber daya budaya yang
menunjukkan bagaimana restoran zona ESPN memasuki maskulinitas kompetitif dan
bagaimana boneka gadis Amerika memasuki hubungan ibu-anak dan transfer lintas
generasi feminitas . ahli yang melihat konsumen aktif cocreating merek makna
dan positioning bahkan menyebutnya sebagai "merek wikification "
mengingat bahwa wikis yang ditulis oleh kontributor dari semua lapisan
masyarakat.
Contoh kasus lainnya dari strategi
difrensiasi adalah Indomie vs Mie Sedaap
Melihat momentum
Indomie yang “sudah mapan” dan malam berinovasi, Wings Food meluncurkan Mie
Sedaap yang siap menggilas kejayaan Indomie. Mie Sedaap dipilih masyarakat
Indonesia karena Wings Food pandai membuat masyarakat penasaran dengan memilih
nama MIE SEDAAP, membuat konsumen ingin memcoba apakah rasa mie tersebut
benar-benar Sedap.
Kedua, Indomie
yang lengah berinovasi meluncurkan varian rasa baru membuat masyarakat
jenuh dengan pilihan rasa yang sedikit. Kemunculan Mie Sedaap membuat
masyarakat menemukan sesuatu yang baru dan berbeda dari Indomie.
Ketiga, Mie
Sedaap juga gencar beriklan di media. Saat itu, Mie Sedaap yang sedang memasuki
tahap perkenalan (introduction) menggunakan strategi peluncuran cepat rapid
skimming strategy). Wings Food meluncurkan produk baru dengan harga yang
hampir menyamapi harga Indomie, dengan tingkat promosi yang tinggi.
Iklan pun
dibuat sedemikian menarik, diluncurkan di berbagai media, seperti media cetak
dan elektronik. Pilihan rasa yang diberikan pun lebih banyak, dengan kelebihan
di pemberian “kriuk”, sesuai dengan lidah orang Indonesia yang gemar dengan
makanan pelengkap dengan tekstur agak keras seperti kerupuk.
Bab 3
Kesimpulan
Keputusan posisi memerlukan penentun kerangka
referensi dan mengidentifikasi pasar sasaran dan sifat persaingan serta
asosiasi merek dan titik perbedaan yang ideal dan harus perilaku konsumen dan
pertimbangan yang digunakan konsumen dalam membuat pilihan merek
Dan titik perbedaan adalah asosiasi unik
dengan merek yang juga dipegang kuat dan sering di evaluasi konsumen. Dan kunci
keunggulan didasarkan pada produk atau jasa itu sendiri atau pertimbangan yang
berhubungan dengan faktor faktor seperti personel, saluran,citra dan pelayanan.
Dan juga faktor budaya atau lingkungan yang sangat mempengaruhi suatu merek.
Strategi Pembedaan Produk (differentiation), mendorong perusahaan untuk sanggup
menemukan keunikan tersendiri dalam pasar yang jadi sasarannya. Keunikan produk
(barang atau jasa) yang dikedepankan ini memungkinkan suatu perusahaan untuk
menarik minat sebesar-besarnya dari konsumen potensialnya. Cara pembedaan
produk bervariasi dari pasar ke pasar, tetapi berkaitan dengan sifat dan
atribut fisik suatu produk atau pengalaman kepuasan (secara nyata maupun
psikologis) yang didapat oleh konsumen dari produk tersebut. Berbagai kemudahan
pemeliharaan, features
tambahan, fleksibilitas, kenyamanan dan berbagai hal lainnya yang sulit ditiru
lawan merupakan sedikit contoh dari diferensiasi. Strategi jenis ini biasa
ditujukan kepada para konsumen potensial yang relatif tidak mengutamakan harga
dalam pengambilan keputusannya (price insensitive).
Kebanyakan strategi
sudah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan maju sehingga perlu adanya produk
baru. Esensi dari strategi diferensiasi adalah perusahaan dapat memberikan
perbedaan yang lebih unik dari pada pesaing, sehingga dengan perbedaan itu
konsumen memiliki nilai yang lebih tinggi. Strategi diferensiasi membedakan
produk yang dapat menghasilkan yang kompetitif.
Makalah ini disusun oleh temen gue Devi Panjaitan dan di perbaiki oleh gue sendiri sebagai pembahas untuk makalah ini dan disunting berdasarkan pendapat dosen dalam mata kuliah seminar pemasaran. Semoga makalah ini bermanfaat . TERIMAKASIH.
difrensiasi kompetitif secara spesifiknya mana
BalasHapusdifrensiasi kompetitif secara spesifiknya mana
BalasHapusuntuk lebih jelasnya silahkan ditanyakan keoada yang lebih paham. mungkin dosen atau konsultan mgt. terimakasih.
BalasHapuswk
BalasHapus